Rabu, 08 Februari 2012

Mendatangkan Ribuan Pengunjung Blog dalam 5 Menit

Pasti ada yang kecewa gara-gara judul artikel ini. “Katanya 5 menit saja terus ribuan pengunjung datang? Kok jadi 3 bulan? Hah, menipu nih!!! Lempar aaaaah! Bakar aaaaah!”

Tenang sodara-sodara, tenang…


Justru lewat judul itu saya mau menekankan sekali lagi bahwa segala sesuatu yang berurusan dengan traffic (arus pengunjung blog kita) tidak pernah bisa dilakukan hanya semenit lima menit. Keyakinan bahwa hal ini mudah dan instan telah membawa ribuan blogger pemula ke ajang kehancuran. Ya, mereka tidak sabar dan akhirnya berhenti ngeblog. Saya tidak mau  kejadian yang sama menimpa para pembaca yang budiman nan rajin berzakat.


Oke, sekarang kamu mulai mengerti dan (mudah-mudahan) membatalkan niat melempar dan membakar tadi.


Kita mulai ya.


1. Belajarlah Menulis Untuk “MEREKA”

Kalo mau blog kamu dikunjungi orang, syarat utama yang kamu harus lakukan adalah bertanya pada diri kamu sendiri, “kenapa orang itu harus datang ke blog saya? Apa yang bisa membuat mereka tertarik datang ke blog saya?”


Bayangkan, kalo kamu cuma menulis tentang diri kamu, pacar kamu, istri kamu, anak kamu, kolor baru kamu dan sebagainya, maka kemungkinan besar yang berkunjung ke blog kamu ya cuma kamu, pacar kamu, istri kamu, anak kamu dan pedagang kolor baru kamu itu. Untuk apa sesorang (misalnya saya) datang ke blog kamu dan membaca itu semua? Ngurus istri saya sendiri saja sudah repot, ngapain urus istri kamu? Lagian saya juga punya kolor kok, nda ada urusan sama kolor kamu kan? Nah, intinya adalah blog kamu menjadi tidak menarik untuk orang banyak karena kamu menulis OLEH dan UNTUK KAMU SENDIRI.


Kecuali kamu seorang selebritis, ya tentu saja saran di atas tidak berlaku.


Pengunjung blog adalah orang yang mencari informasi yang spesifik. Kalo kamu bisa membantu mereka dengan menyediakan informasi yang mereka cari, tentu saja mereka akan datang ke blog kamu dengan ikhlas dan tawakkal. Kamu harus memberi dulu sebelum menerima. Itu kan prinsip kehidupan. Sama saja di internet.


2. Pilih Topik yang Kamu Suka dan Jangan Keluar Topik Terlalu Jauh

Pilih topik yang kamu suka. Misalnya kamu jago main gitar. Kamu bisa membahas tentang gitar dan membagi tips-tips bermain gitar pada semua orang yang membutuhkannya. Usahakan topik utama kamu tetap berpusat pada gitar. Kamu boleh (lagi-lagi) menulis tentang kolor baru kamu tapi tetap saja isi blog kamu harus dominan tulisan tentang gitar. Lagian kok kamu ngotot amat nulis tentang kolor. Kamu ada masalah apa sih? Heran…


3. Bergabunglah di Jejaring Sosial, Komunitas Online dan Forum

Masuklah ke situs-situs jejaring sosial misalnya facebook dan twitter dan berhubunganlah dengan orang-orang yang sesama jenis. Maksud saya sejenis dalam hal minat!!!


Kalo perlu kamu bisa membuat page (halaman) di Facebook seperti yang saya lakukan di grup ini. Di sana saya mengumpulkan teman-teman yang memiliki tujuan yang sama yaitu belajar blog. Hasilnya, blog saya makin rame dikunjungi.


Kamu juga bisa mencari komunitas-komunitas online yang spesifik. Tinggal ketikkan saja di Google, misalnya “komunitas gitaris”. Maka akan muncullah portal-portal ngumpulnya para pecinta gitar. Bergabunglah di sana dan bersenang-senanglah. Jangan lupa untuk membagi semua ilmu yang kamu punya dengan orang lain.


Forum adalah portal yang lebih besar lagi dan lebih interaktif. Prinsipnya sama saja. Bergabunglah di sana dan jadilah bermanfaat, jangan jadi benalu yang cuma bisa bilang, “terima kasih infonya, bro!”


Jangan sampai lupa : sertakan selalu alamat blog kamu dalam setiap desahan nafas kamu di semua tempat-tempat yang kamu kunjungi di atas.


4. Sebarkan Link Blog Kamu

Link, selain fungsinya seperti bookmark yang menjadi penanda agar orang mengkliknya, juga memiliki peran penting dalam menentukan posisi blog kamu di mesin pencari. Maka dari itu sebarkanlah link blog kamu di manapun kamu bisa membubuhkannya.


Sini saya berikan contoh ya. Contohnya email. Kadang kita menggunakan email sekedarnya saja untuk mengirim pesan. Padahal email bisa menjadi sarana promosi yang bagus. Kamu bisa menambahkan signature di email kamu dan memasukkan URL blog kamu di situ. Jadi setiap kamu mengirim email, alamat blog kamu bagaikan doa Ibu, selalu menyertai.


Bisa juga dengan tukaran link (link exhange). Kalo kamu punya teman blogger yang topik blognya sama dengan kamu, maka kamu dan dia bisa saling bertukar link. Ingat, blog-blog yang saling bertukaran link sebaiknya topiknya sama. Jangan pernah bertukar link dengan blog yang topiknya beda. Itu namanya Jaka Sembung Bawa Golok. Mesin pencari tidak senang sama blog dengan link seperti itu.


5. Perbanyak Posting Artikel

Sebagian besar kunjungan bisa berasal dari mesin pencari. Oleh karena itu kamu perlu rajin menulis artikel di blog kamu. Bila blog kamu sering di update, maka robot mesin pencari akan melihat blog kamu sebagai blog yang informatif dan aktual. Kalo robot pencari sudah doyan sama blog kamu, maka akan mempermudah blog kamu untuk nangkring di posisi yang bagus dalam mesin pencari.


Sempatkanlah untuk menulis artikel sebanyak dan seinformatif mungkin. Bagi teman-teman yang bekerja kantoran, mengisi konten blog bisa dilakukan di hari libur. Bersenang-senanglah dalam menulis. Jangan anggap menulis sebagai beban. Menulis bukan beban. Buktinya menulis tidak pernah digunakan di tempat fitness untuk memperbesar otot!


Lima tips di atas, bila dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dalam waktu yang berkesinambungan, insya Allah akan mendatangkan banyak sekali pengunjung buat blog kamu.


Sekarang kamu sadar kan, tidak mungkin mendatangkan ribuan pengunjung dalam 5 menit? Tidak ada yang instan, kawan. Itulah mengapa banyak blogger yang tumbang di tengah jalan. Tapi insya Allah mereka bukan saya dan kamu.

Salam sukses!
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright © 2014 Sparkleandco Blog's All Rights Reserved. Support by Saatnya.com