Senin, 19 Maret 2012

Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Rasanya ingin sekali memiliki rambut panjang yang tebal dan kuat dalam waktu relatif singkat. Namun, kenyataannya, rambut kita hanya akan tumbuh sekitar 3 cm setiap bulan. Oleh sebab itu, tidak jarang orang akan mengambil jalan pintas dengan melakukan hair extension (rambut sambungan). Adakah cara lain?

Rambut Panjang

Sebenarnya baik tidaknya pertumbuhan rambut kita bergantung pada beberapa faktor, seperti genetik, kondisi kesehatan, dan sebaik apa kita merawat mahkota kita tersebut. Kita tidak mungkin mendapatkan rambut panjang hanya dalam semalam, tapi setidaknya ada beberapa cara dapat mempercepat proses pertumbuhannya:

1. Gunakan minyak esensial, seperti lavender, basil, jelatang, dan lemon. Aplikasikan beberapa tetes saja salah satu minyak esensial tadi dengan menggunakan pipet pada kulit kepala kita. Lakukan pemijatan lembut pada keseluruhan bagian rambut dan kulit kepala, lalu biarkan semalaman. Pagi harinya, kita tinggal mencuci dan membilasnya hingga bersih.

2. Aturan 8 gelas air putih setiap hari akan membuat kulit dan rambut kita menjadi lebih sehat dan indah. Mendapatkan asupan air yang cukup memang tidak secara langsung akan membuat rambut tumbuh lebih cepat, tetapi tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mampu mencegah dari ancaman rambut bercabang. Itu artinya, kita tak harus merapikan rambut (trimming) secara rutin dan rambut dapat bertumbuh tanpa ”gangguan”.

3. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sistem peredaran darah hingga ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Semakin baik peredaran darah kita, tandanya semakin banyak pula darah dan nutrisi yang disediakan untuk folikel rambut.

4. Menyisir rambut dengan tepat. Gunakanlah natural boar brush yang memiliki bulu sikat yang halus dan lunak pada rambut serta kulit kepala kita. Menyisir dapat menstimulasi proses produksi minyak kulit kepala yang bertugas melumasi rambut dan kulit kepala kita. Jika rambut kita termasuk tipe yang berminyak, hindarilah menyisir terlalu sering karena hal tersebut hanya membuat rambut kita semakin berminyak.

5. Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Biasakan untuk mencuci rambut kita secara teratur untuk menghilangkan segala kotoran, debu, dan endapan minyak yang menumpuk pada rambut kita. Keramas dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori di kulit kepala yang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, keramas juga merupakan kegiatan pemijatan yang baik pada kulit kepala untuk menstimulasi dan menyediakan jalan rambut baru untuk tumbuh dengan mudah.

6. Memperbanyak asupan protein akan membantu rambut tumbuh lebih cepat. Sedangkan makanan yang mengandung lemak jenuh dapat memperlambat proses pertumbuhan alami rambut. Makanan seperti telur, yogurt, kacang almon, kacang mete, dan susu, merupakan sumber protein yang baik untuk mendukung pertumbuhan rambut. Kemudian kita bisa optimalkan juga dengan memasukkan makanan yang mengandung vitamin A, B, C, E, seng, dan zat besi (seperti daging sapi, bayam, yogurt, dan ikan) dalam menu harian kita.
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright © 2014 Sparkleandco Blog's All Rights Reserved. Support by Saatnya.com