Jumat, 23 Maret 2012

Install WordPress Pada 000Webhost Gratis

Sesuai judul diatas anda pasti tau kan apa yang akan saya post kali ini? disini saya akan mengajarkan kepada anda yaitu bagaimana caranya instal website wordpress di webhosting yang gratisan aja lah dulu seperti webhosting 000Webhost, bagai mana anda pasti tahu kan dengan webhosting 000Webhost ini, pastinya sudah tahu kan, kalau kalian belum tau pasti anda tidak akan mencari di google cara instal website wordpress menggunakan webhosting 000Webhost bener bukan? 

Perlu anda ketahui menginstal wordpress pada webhosting gratisan seperti 000webhost bisa saya dibilang susah-susah gampang tapi saya tidak tahu bagaimana menurut anda sendiri. Di 000webhost sendiri wordpress yang tersedia masih versi lama yaitu 2.2, masih cukup labil sih sebenarnya, tetapi lebih baik lagi jika anda menggunakan versi terbaru, kalo ngk ada juga ngak apa-apa kok.

Mungkin cukup sekian penjelasan singkat yang bisa saya berikan kepada anda, nah sekarang langsung saja kita mulai langkah demi langkah seperti yang saya gambarkan dibawah ini:

1. Buat domain baru di account 000webhost anda 

Pilih choose free subdomain, jangan lupa isikan password
2. Ingat nama domain, username dan password yang baru saja anda buat.

Jangan lupa Ingat dan Catat Informasi Ini
3. Buat database MySQL untuk WordPress yang akan anda install. Masuk ke Control Panel domain anda kemudian pada box Software/Service pilih MySQL.

pilih MySQL
4. Buat nama database (MySQL database name), username database (MySQL user name), dan password untuk database tersebut (Password for MySQL user). Ingat baik-baik dan catat informasi account database anda untuk keperluan administrasi database dan koneksi antara engine WordPress dengan database nantinya.

isi nama database, username database, dan password
Jangan lupa catat dan ingat informasi account database yang telah anda buat
5. Download terlebih seluruh file WordPress di http://www.wordpress.org

6. Extract file wordpress-3.x.x.zip yang sudah kita download (3.x.x di sini adalah versi WordPress yang anda download)

7. Masuk ke folder wordpress-3.x.x yang sudah diekstrak tadi, maka anda akan menemukan folder lagi bernama wordpress. Masuk ke folder tersebut dan temukan file bernama wp-config-sample.php kemudian rename file tersebut menjadi wp-config.php.

rename wp-config-sample.php menjadi wp-config.php
8. Edit wp-config.php dengan Notepad atau text editor lainnya seperti Notepad++. Kemudian temukan bagian berikut
/** The name of the database for WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);

/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘username_here’);

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’);

/** MySQL hostname */
ganti database_name_here dengan nama database yang telah anda buat,
ganti username_here dengan username MySQL yang telah anda buat,
ganti password_here dengan password MySQL yang telah anda buat,
ganti localhost dengan hostname yang ada pada informasi account database yang telah anda buat,
Dengan demikian pada contoh kasus tutorial ini formatnya menjadi seperti ini

/** The name of the database for WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘a5386323_wp’);

/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘a5386323_wp’);

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘inicontohpassword’);

/** MySQL hostname */
define(‘DB_HOST’, ‘mysql16.000webhost.com’);
Jangan lupa anda save dulu sebelum menutup Notepad.

9. Sekarang kita sudah siap untuk upload file-file WordPress tersebut ke 000webhost (webhosting) dengan menggunakan FTP (File Transfer Protocol) Client. FTP Client yang saya gunakan adalah FileZilla. Cari sendiri aja di Google kalau belum punya, tenang aja anda ngak dipungut biaya apapun kok alias gratis.

10. Setelah mendownload dan menginstall FileZilla, jalankan FTP Client tersebut. Kemudian arahkan ke File->Site Manager. Pilih New Site, Isi Host dengan nama domain yang telah anda buat pada langkah 1 sampai langkah 2. Isi port dengan nomor port yang digunakan oleh FTP yaitu 21. Server Type: FTP. Logon Type: Normal. User dan Password sesuai dengan informasi yang ada pada langkah nomor 2. Setelah selesai mengisi klik Connect

Site Manager FileZilla FTP Client
11. Kembali lagi ke dalam folder wordpress (tempat dimana anda barusan mengedit wp-config.php), highlight seluruh file & folder di dalam folder wordpress tersebut (bisa dengan Ctrl+A), kemudian sambil menahan tombol Ctrl, Drag & Drop seluruh isi folder wordpress ke folder public_html pada 000Webhost melalui FileZilla. Tunggu hingga seluruh file dan folder berhasil terupload ke public_html. Terkadang FileZilla meminta overwrite file saat proses transfer file karena koneksi timed out, yakan aja.

Lingkaran merah di atas menandakan Directory Listing Successful artinya berhasil tersambung ke 000webhost, lingkaran merah di bawah menunjukkan lokasi direktori public_html. Double klik pada public_html, setelah berhasil masuk ke direktori tersebut drag & drop saja seluruh file wordpress nya kesana kemudian tunggu hingga proses upload selesai.
12 Setelah file terupload semua dengan baik, arahkan browser ke domain yang telah anda buat (pada contoh tutorial ini adalah http://andiarahman.uphero.com) pada langkah pertama maka akan tampil form setup instalasi WordPress seperti pada gambar ini.

 
 
13. Langkah selanjutnya adalah mengisi judul blog anda pada Site Title, membuat username dan password untuk login di WordPress kita, kemudian mengisi email. Setelah selesai klik Install WordPress.

Selesai! kini WordPress sudah terinstal pada webhosting anda, pada contoh tutorial ini anda dapat mengaksesnya melalui http://andiarahman.uphero.com/. Untuk login ke admin page dapat melalui http://andiarahman.uphero.com/wp-admin/
============================================

Saya Sudah Membuat WordPress Saya di Localhost Berikut Beberapa Contentnya, Bagaimana Memindahkannya ke Webhosting?
Setelah berhasil menginstall WordPress di Webhosting (000Webhost), jalankan XAMPP, masuk ke PHPMyAdmin di localhost anda, pilih database yang anda gunakan untuk WordPress pada localhost anda. Kemudian pilih tab Export, pilih Format: SQL, Klik Go.
Masuk ke domain Control Panel anda di 000Webhost, pada box Software/Services pilih PHPMyAdmin. Setelah itu pilih enter PHPMyAdmin pada database yang sebelumnya telah anda buat.

PhpMyAdmin
Karena anda sudah membuat database sebelumnya, maka anda perlu menghapus seluruh tabel yang ada pada database tersebut sebelum kita mengimport tabel dari localhost. Caranya setelah memilih database, maka akan tampak 11 tabel yang digunakan pada database WordPress, pilih Check All dan pada drop down menu pilih Drop. Pada box konfirmasi pilih Go
 
Drop Seluruh Tabel
Kemudian pilih tab Import, browse file sql yang tadi anda export dari localhost. Klik Go
Setelah berhasil melakukan import, kita akan melakukan sedikit penyesuaian pada tabel wp_options. Pilih tabel wp_options di sisi kiri aplikasi PhpMyAdmin. Pada baris pertama terdapat siteurl dengan option_value alamat direktori wordpress kita pada localhost, pilih edit kemudian ganti menjadi direktori pada webhosting tempat anda menginstall wordpress dalam hal ini direktori berarti nama domain anda, pada tutorial ini berarti http://www.andiarahman.uphero.com.

Pada halaman 2 tabel wp_options anda dapat menemukan home dengan option_value alamat localhost wordpress anda, ganti menjadi direktori webhosting anda sama seperti pada siteurl diatas.
Selesai! Kini seluruh setting, username dan password, berikut konten yang sudah anda isi di localhost sudah berpindah ke webhosting. 

Akhirnya selesai sudah saya menjelaskan panjang lebar kepada anda cara instal website wordpress menggunakan webhosting gratisan seperti 000Webhost. bagaimana menurut anda setelah mencoba sendiri cara instal website wordpress menggunakan webhosting gratis seperti 000Webhost ini, gampang apa susah? silahkan tinggalkan komentar anda dibawah, jika ada yang tidak anda mengerti langsung koment dan saya akan membantu anda mengatasi masalah yang tidak anda mengerti tersebut, sekian terima kasih.
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright © 2014 Sparkleandco Blog's All Rights Reserved. Support by Saatnya.com